Leather Indonesia Blognews

blog untuk pengembangan industri kulit dan informasi produk kulit di Indonesia

Empat Pabrik Kulit Dibangun untuk Pasar Ekspor

JAKARTA. Krisis bahan baku kulit tidak menghalangi niat para investor untuk membenamkan duitnya pada industri ini. Hingga saat ini, ada empat perusahaan asing dan lokal yang berniat melakukan pembangunan pabrik sarung tangan kulit.

Keempat perusahaan yang berencana menjajal peruntungan tersebut adalah PT Laurige Asia yang berlokasi di Surabaya dengan kapasitas 75.000 unit setahun. Selain itu, PT Sport Glove Indonesia yang berlokasi di Tangerang dengan kapasitas 4,3 juta unit, lalu PT Sinar Kencana Makmur Jaya dan PT Sanku Glove di Gamping, Sleman, Yogyakarta, masing-masing berkapasitas 2 juta unit. “Total investasinya mencapai US$ 6 juta,” kata Sekretaris Jenderal Asosiasi Penyamakan Kulit (APKI) Agit Punto Yuwono, Jumat (10/10).

Rencananya, keempat perusahaan ini akan merampungkan pembangunan pabriknya pada tahun depan, dan hasil produksinya akan dilempar untuk pasar Eropa. Menurut Agit, krisis bahan baku kulit membuat keempat perusahaan ini mengimpor kulit dari berbagai negara, di antaranya Brazil, Turki, dan Yaman.

Walau sedang mengalami krisis bahan baku, APKI tidak berencana meminta kepada pemerintah untuk memasukkan industri ini dalam Daftar Negatif Investasi (DNI). Soalnya, dengan 100 perusahaan yang telah eksis saja belum mampu memenuhi permintaan penyamakan kulit. “Baru kita penuhi sebesar 40% hingga 50%,” tegasnya.

Bukan hanya itu, jika masuk dalam DNI, maka perusahaan tersebut akan membangun pabriknya di luar Indonesia, sehingga perusahaan kulit dalam negeri bakal kesulitan untuk mendapatkan kulit. “Jadi, nantinya ada persaingan untuk mendapatkan kulit dengan negara lain,” paparnya.

Direktur Industri Aneka Departemen Perindustrian (Depperin) Budi Irmawan membenarkan adanya empat perusahaan yang sedang berniat membangun pabriknya dengan total investasi sebesar US$ 6 juta hingga US$ 10 juta. “Semua barang produksinya akan diekspor,” tegasnya.

Abdul Wahid Fauzie
http://www.kontan.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: